Rabu, 26 Juni 2013

SUKSES DENGAN “GANK”



“Sesungguhnya Alloh menyukai orang – orang yang berperang di jalan Nya dalam barisan yang teratur seakan – akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh”
Ash Shoff : 4

Memang tidak bisa kita pungkiri bahwa selama menjadi pelajar kita tidak bisa hidup sendirian. Kita butuh teman lain yang seiring, sejalan, senasib sepenanggunan selama mengarungi perjalanan pendidikan. Maka tidak heran jika dalam satu kelas atau satu angkatan para pelajar selalu terlihat terpecah-pecah menjadi beberapa kelompok atau gank. Keberadaan gank-gank tersebut memperlihatkan sekelompok pelajar yang kesehariannya selalu bersama-sama. Kelompok-kelompok atau gank-gank pelajar ini biasanya masuk dan pulang sekolah atau kuliah bersama-sama, makan di kantin sama-sama, bergabung dengan organisasi yang sama, belajar bersama-sama, diskusi bersama-sama, mengerjakan tugas sama-sama, hingga kelompok tugas di sekolah atau kampus pun juga sama-sama. Sehingga tidak heran jika ikatan emosional satu dengan yang lainnya sangat kuat dan kompak. Misalnya, jika ada satu teman dalam gank tersebut sedang bokek , maka tidak perlu khawatir lagi, karena pasti teman-temannya akan selalu siap sedia membantu. Kesulitan mengerjakan tugas-tugas sekolah atau kuliah akan beres karena dilakukan dengan berkelompok, jadi dapat saling bertukar pikiran dan saling membantu dalam menghadapi kesulitan. So sweet bukan???

Namun mungkin tidak banyak yang memahami bahwa sebenarnya kita bisa sukses dalam sekolah atau kuliah dengan memaksimalkan pemanfaatan tali pertemanan yang kuat di gank kita tersebut. Jadi, gank tidak hanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang bersifat bersenang-senang, happy-happy, atau hura-hura semata. Gank tersebut dapat kita manfaatkan labih jauh lagi yaitu untuk saling bahu-mambahu, dan membantu dalam menyukseskan study kita. Banyak sekali cara yang bisa kita lakukan. Misalnya setiap ada tugas-tugas kita bisa bertanya atau minta diajari kepada teman-teman yang satu anggota gank dengan kita. Ketika menjelang Ujian, kita dan teman-teman bisa belajar dan berlatih bersama-sama untuk memecahkan latihan soal-soal yang kita pelajari. Sehingga jika ada soal yang dirasa sulit, maka kita punya teman yang dapat membantu memecahkannya. Begitu juga teman gank kita bisa membantu mengurus administrasi di kampus, memberikan informasi tentang perkuliahan jika suatu saat ternyata kita tidak bisa datang ke sekolah atau kampus.
Bagi yang akan menjalani skripsi, sebelum mengerjakan skripsi biasanya kita akan mulai disibukkan dengan mencari topik yang tepat. Dengan gank kita tersebut kita bisa melakukan diskusi, brainstorming, dan sharing mengenai beberapa topik yang tepat untuk diajukan. Mungkin teman satu gank kita dapat memberikan masukan ide kepada kita, begitu pula sebaliknya. Selain itu biasanya secara tidak langsung kita saling berlomba dengan teman-teman kita untuk menyelasaikan skripsi. Sehingga kita menjadi terpacu dan saling menyemangati satu sama lain untuk bisa sama-sama menulis skripsi.
Di masa-masa penuh kesulitan dan penuh perjuangan inilah teman-teman gank kita akan menjadi penolong untuk membantu menyelesaikan permasalahan kita. Kita bisa saling mengajari, saling membantu, dan berbagai macam bentuk bantuan lainnya. Tunggu apa lagi, segera manfaatkan dengan optimal komunitas gank kita….! J


special thanks to : My beloved Gank “Resholusi” ~ Puspita, Dian, Nisaa, Zuli, Pandu, Yudhis, Didik, Andri, Rendi, Nanang, Huda, Rusdian, Gendro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar