Kamis, 28 November 2013

Jangan Jadi Diri Sendiri !



 
Sering orang mengatakan pada orang lain yang mulai resah gelisah karena ingin meniru gaya orang lain yang diidolakannya, ingin dipuji seperti si A, ingin diistimewakan seperti si B, dan tidak ingin disalahkan ketika melakukan kesalahan, maka mereka akan mengatakan “be your self !”.
Namun, ketika ada orang yang menyarankan pada kita dengan kalimat “be your self !” atau “jadilah dirimu sendiri !”, apakah kita tidak boleh berubah? Tentu boleh!

Jika kita ini adalah orang yang pemalas, manja, penggerutu, suka mengeluh, pemarah, pendendam, pendengki, pelit, apakah tetap mau memelihara sifat yang seperti itu?. Jika kita adalah satu dari pemilik sifat tersebut, maka kalimat “be your self” sangat tidak pantas disandang oleh kita.
Sudah saatnya berubah kawan! Tidak selamanya orang akan merasa nyaman dengan keburukan, baik itu orang lain maupun diri kita sendiri. Akan semakin banyak orang yang menghindar dari kita jika sifat buruk itu tetap tersemai dalam diri kita. Berubah memang butuh waktu, butuh proses. Hanya mereka yang gagah berani lah yang berani memasuki fase perubahan itu. Bukankah memasuki medan baru selalu ada resikonya? Jika kita memasuki “the right track” apakah kita langsung bisa tampil dengan baik? Tentu saja tidak. Setiap permulaan pasti sulit dan selalu ada medan terjal yang akan dilewati. Tetapi dengan kesungguhan, berani mencoba,  dan terus memperbaiki diri, maka lama kelamaan akan terlihat dan terasa juga perubahan baik dalam diri kita. Itulah sebabnya diperlukan keberanian, konsep yang jelas, cara kerja yang efisien, dan pengorbanan.
Teruslah berubah! Jangan pernah takut kehilangan karena perubahan. Tugas kita bukan untuk berhasil. Namun tugas kita adalah untuk mencoba. Karena dalam mencoba itulah kita menentukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil menemukan sesuatu. Dan, hati-hati dengan segala kesenangan kita. Karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan. Tanpa kita sadari kadang sebagian kesenangan akan secara perlahan menjebak kita. Ingat, zona nyaman merupakan penghalang potensi. Maka Hati-hatilah dan tingkatkan tantangan pada diri sendiri. 



Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS 13:11
                                                                                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar